Thursday, December 31, 2015

8 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual HP Android Kamu

8 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual HP Android Kamu


Tips Sebelum Menjual Android

Tips sebelum menjual Android bisa kamu lakukan berbagai macam perangkat Android, seperti tablet Android dan smartphone Android. Tips ini bertujuan agar semua data-data penting kamu tidak berpindah ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut adalah beberapa hal yang wajib dilakukan sebelum menjual Android:

1. Backup Data

Hal terpenting sebelum menjual Android adalah melakukan backup data-data penting yang tersimpan di Android. Mulai dari data pribadi, kontak, email, serta aplikasi dan game yang kamu suka. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk backup data bisa kamu baca di sini:

2. Keluarkan SIM Card

Meski setiap orang pasti akan mengeluarkan SIM Card mereka saat menjual, tidak sedikit orang yang lupa mengeluarkan benda tersebut saat menjualnya. Pastikan kamu mengeluarkannya saat ingin menjual Android kamu.

3. Keluarkan Memory Card

Sama seperti SIM Card, Memory Card (SD Card) juga salah satu benda penting yang harus dikeluarkan sebelum menjual smartphone. Pastikan kamu melakukan Unmount sebelum mengeluarkan SD Card dari Android agar file yang tersimpat tidak rusak dan corrupt.

4. Unroot Android

Beberapa perangkat Android, baik itu tablet ataupun smartphone akan berkurang harganya saat dalam keadaan ter-root. Jadi, sebelum menjual Android, pastikan Android sudah dalam keadaan tidak root. Untuk kamu yang belum tahu bagaimana cara unroot Android, kamu bisa baca artikel berikut ini: Cara Mudah Unroot Android dengan Satu Kali Klik

5. Enkripsi Data lalu Factory Reset

Jika kamu menjual Android tapi hanya melakukan Factory Data Reset, besar kemungkinan data-data di Android kamu sebelumnya dapat dikembalikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Cara terbaik sebelum melakukan Factory Data Reset adalah dengan melakukan enkripsi data. Penjelasan lebih lengkap tentang Enkripsi Data dan melakukan Factory Data Reset yang benar bisa kamu baca di sini: Cara Melakukan Enkripsi Data dan Factory Data Reset

6. Bersihkan Android dari Debu

Dengan membersihkan Android kamu dari debu, tentu akan meningkatkan harga jual Android tersebut jadi lebih tinggi. Ada beberapa tempat yang paling banyak kotoran hinggap, seperti Layar, port Micro USB, port 3.5mm Jack, Speaker, Microphone, dan Earphone.

7. Kelengkapan Android

Hal lain yang harus kamu perhatikan sebelum menjual Android adalah memperhatikan kelengkapannya. Beberapa kelengkapan Android antara lain: dus box, buku-buku, charger, kabel data, earphone, dan aksesorisnya jika ada.

8. Jual di Tempat Terpercaya

Dengan semakin canggihnya teknologi, kamu bisa memanfaatkan situs jual beli terpercaya yang bisa digunakan untuk mengiklankan Android bekas kamu. Beberapa contoh situs jual beli terpercaya yang menggunakan fasilitas rekber rekomendasi saya adalah blibliFJB Kaskus, dan Tokopedia.
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum menjual smartphone Android atau tablet Android kamu. Jika kamu punya tips lain, jangan lupa untuk share di kolom komentar.

0 komentar:

Post a Comment